Fakta Menarik Seputar Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh adalah aset penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Untuk anak-anak, daya tahan tubuh menjadi hal penting yang perlu dijaga dan diperhatikan bagi para orang. Dengan tubuh yang masih rentan terhadap beragam penyakit, menyebabkan daya tahan tubuh anak memiliki perhatian khusus. Sehingga tak heran jika anak-anak lebih mudah sakit daripada orang dewasa.

Daya tahan tubuh memiliki tiga fungsi utama, menurut ahli nutrisi Dr. Matthewas Lantz Blaylock PhD. Pertama adalah melindungi badan dari bakteri dan patogen. Kedua, memperbaiki sel-sel rusak yang perlu diganti. Terakhir, menjaga tubuh dari debu atau polusi. Selain fungsi tersebut, ada tiga  fakta menarik tentang daya tahan tubuh, khususnya bagi anak. Berikut penjelasan lengkapnya.

daya tahan tubuh anak

Sistem Imun Daya Tahan Tubuh

Jika membicarakan daya tahan tubuh maka tidak bisa dipisahkan kaitannya dengan sistem imun. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh kekuatan sistem imun yang bekerja dalam tubuh seseorang. Serangan dari berbagai macam penyakit, bakteri, virus dan kuman akan dilawan oleh sistem imun tubuh.

Ada tiga komponen penting dalam sistem imun yang wajib Anda ketahui. Mulai dari sel darah putih, kelenjar getah bening, dan limpa. Setiap orang memiliki tiga komponen ini dalam tubuhnya, tak terkecuali anak-anak. Ketiga komponen tersebut pun memiliki fungsi masing-masing yang membedakan antara satu sama lain.

Komponen pertama yakni sel darah putih yang berfungsi sebagai lini pertahanan tubuh di bagian paling depan. Sel darah ini mengidentifikasi parasit yang masuk ke tubuh dan melawan infeksi yang mungkin terjadi. Lalu, inti sel darah putih atau limfosit bertugas untuk mengenali parasit dan mengingat kembali jika suatu saat masuk lagi pada tubuh Anda.

Selanjutnya adalah kelenjar getah bening yang bertugas sebagai penyusun pertahanan tubuh spesifik terhadap parasit yang menyebabkan tubuh terinfeksi. Kelenjar ini menerima informasi dari limfosit, kemudian membuat pertahanan yang tepat untuk menghadapi serangan virus atau parasit tersebut. Kelenjar getah bening akan membuat penangkal dari virus yang masuk.

Ketiga yakni limpa yang terletak di dalam rongga perut sebelah kiri atas. Fungsi dari komponen terakhir ini adalah mengontrol kadar darah yang menyebar dalam tubuh. Selain itu juga bertugas membersihkan sel-sel darah yang sudah tua atau yang sudah tidak digunakan lagi bagi tubuh.

Setiap orang memiliki daya tahan berbeda dengan orang lain. Tergantung dari pertahanan sistem imun dalam tubuhnya. Sistem imun pada anak cenderung lebih lemah daripada orang dewasa. Karena sistem imun anak-anak belum terbiasa mendapatkan serangan virus yang bermacam-macam. Sehingga anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang cukup rendah.

Manfaat Vaksin bagi Daya Tahan Tubuh Anak

Anak-anak mulai dibiasakan dengan vaksin sejak dini. Namun tak jarang beberapa orang tua melarang vaksin diberikan pada buah hatinya. Karena menganggap vaksin justru melemahkan daya tahan anak. Apakah Anda termasuk orang tua yang beranggapan demikian? Sebaiknya segera ganti anggapan tersebut karena vaksin bermanfaat untuk tubuh.

daya tahan tubuh anak

Vaksin yang diberikan saat imunisasi sebenarnya meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vaksin akan melatih sistem imun pada anak Anda untuk mudah mengenali virus atau penyakit yang menyerang tubuh. Saat vaksin masuk dalam tubuh sebagai benda asing, maka akan ditandai sebagai serangan virus atau bakteri. Lalu sistem imun akan mengatasinya.

Sebagai sistem pelindung tubuh, sistem imun akan membentuk antibodi untuk melawan vaksin dan membuatnya lebih siaga saat serangan virus serupa kembali datang. Saat virus yang sama kembali masuk dalam tubuh anak, sistem imun akan bekerja lebih cepat. Sehingga daya tahan anak Anda menjadi lebih kebal dengan pemberian vaksin.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh dua hal, yaitu secara genetik dan adaptif. Penjelasan di atas mengenai sistem imun tubuh merupakan pengaruh secara genetik. Sedangkan pengaruh adaptif adalah dengan mengatur gaya hidup. Seperti pola hidup dan lingkungan yang Anda pilih.

Lingkungan bagi anak-anak memiliki perang penting untuk pembentukan daya tahan tubuhnya. Tahukah Anda jika anak yang selalu berada di lingkungan bersih justru melemahkan daya tubuhnya ? Karena tempat bersih cenderung tidak memiliki virus / bakteri yang membuat sistem imun aktif. Sehingga dapat melemahkan daya tahan anak.

daya tahan tubuh anak

Sistem imun yang tidak aktif membuat anak mudah sakit saat berada di tempat yang sedikit berbeda dari lingkungannya. Namun bukan berarti anak-anak dianjurkan berada di lingkungan yang kumuh. Anak-anak dianjurkan agar tidak terus menerus di tempat yang bersih, seperti rumah. Bebaskan anak ke mana saja agar sistem imunnya semakin baik.

Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa daya tahan anak harus diperhatikan lebih seksama. Sistem imun anak belum terbiasa mengenali macam-macam virus sehingga pemberian vaksin baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Lingkungan anak-anak juga hendaknya berpindah-pindah agar sistem imunnya tetap aktif. Jadi, apakah Anda sudah penasaran ingin membuktikannya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *