5 Cara Belajar Membaca yang Menyenangkan Bagi Anak

Setiap anak memiliki tahap kesiapan yang berbeda-beda, dalam tahap belajar membaca. Anak yang sudah bisa membaca ketika berusia 4 tahun serta ada juga yang di usia 6 tahun baru mulai belajar membaca. Hal ini sangat wajar karena tingkat kecerdasan anak juga berbeda-beda. Yang penting untuk dipahami yaitu tidak ada perbedaan khusus antara yang bisa membaca di usia dini atau anak yang baru lancar membaca ketika masuk sekolah SD.

Secara umum ketika masih prasekolah atau TK anak sudah mulai diperkenalkan dengan aktivitas membaca serta menulis. Bukan hanya ketika di TK saja melainkan anak juga bisa belajar membaca dan menulis ketika masih di rumah. Mengajari anak-anak membaca ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara yang menyenangkan. Beberapa cara mengajari anak membaca juga bisa menumbuhkan minat baca pada anak.

 

belajar membaca

5 Cara Belajar Membaca yang Menyenangkan

  1. Biasakan membaca menjadi aktivitas sehari-hari

Sebagai seorang tua tidak perlu menghadirkan sesi khusus untuk mengajari anak belajar. Anda dapat mengajarinya ketika makan sehingga jadi beragam kesempatan. Seperti ketika pagi hari sarapan, silakan Anda minta anak Anda membaca serta mengeja kata-kata yang yang ada pada kemasan makanan.

Anda bisa memulainya dari kata singkat saja. Misalnya nama produk, yang panjang seperti instruksi makan. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa meminta kepada anak untuk mengamati serta membaca beragam tulisan yang ada di mading, papan pengumuman, papan iklan, atau lain sebagainya.

  1. Menyediakan buku bacaan

Sebagai orang tua sebaiknya Anda selalu menyediakan waktu-waktu membaca buku dengan anak Anda setiap hari. Anda bisa mengajaknya di sela-sela waktu bermain atau ketika sebelum tidur. Anda bisa meletakkan buku di berbagai area yang ada di ruangan rumah Anda. Kamar tidur, ruang keluarga serta beberapa ruang yang sering dijangkau anak.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa dengan selalu membawa buku ketika sedang berpergian. Anak Anda tetap bisa baca buku ketika sedang berada dalam mobil atau ketika berada di luar rumah. Pastikan buku-buku yang anak Anda baca sesuai dengan usianya.

  1. Buatlah buku sendiri

Jika Anda merupakan orang yang pandai menggambar, Anda bisa membuat komik sederhana untuk anak Anda. Misalnya, tentang anak kecil yang sedang bermain bola, gambar anak kecil yang sedang pergi ke sekolah, serta beragam komik singkat lainnya.

Biarkan anak Anda melihat proses menggambar serta menulis cerita. Hal ini bisa menumbuhkan ketertarikannya terhadap membaca, menggambar, serta menulis.

  1. Ajak anak-anak bermain Scrabble

Permainan menyusun kata atau yang sering dikenal dengan nama scrabble juga dapat dimanfaatkan untuk bisa melatih kecerdasan linguistik si kecil. Melakukan permainan scrabble ini bisa membantu anak untuk menambah kosa kata. Selain itu meningkatkan kecerdasan membaca anak sehingga lebih menyenangkan.

Permainan scrabble ini bisa merangsang otak anak, sehingga akan lebih membuat anak cepat berpikir. Ketika otak mendapatkan rangsangan, maka otak akan diajak bekerja untuk memahami beberapa hal-hal baru. Hal ini yang tentu akan semakin membuat anak lebih mudah memahami kata-kata baru ketika membaca.

belajar membaca

  1. Berikan buku bacaan sederhana

Ketika baru mengajarkan anak belajar membaca, sebaiknya Anda memberinya buku bacaan yang sederhana. Buku bacaan sederhana yang memiliki kata-kata yang tidak rumit. Dengan adanya hal tersebut maka anak akan semakin mudah belajar tanpa kesusahan karena dia diajarkan dari hal paling sederhana terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *