Tips mendongeng untuk anak

Dongeng anak ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Baik bertujuan menghibur atau hanya menyampaikan materi pelajaran saja. Orang tua serta guru bisa memulai untuk mendongeng dengan menggunakan ide-ide yang dapat Anda dapatkan dari lingkungan sekitar Anda. Mendongeng merupakan aktivitas yang mudah dilakukan dengan mengandalkan kretifitas yang Anda miliki.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa memberikan dongeng dengan kreatif. Sehingga anak anda bisa dengan mudah dan senang menerimanya. Sebagai penonton, anak-anak perlu diupayakan siap menerima sebuah cerita tertentu.

dongeng anak

Tips mendongeng untuk anak dengan efektif

  1. Tentukan tokoh yang akan digunakan untuk mendongeng

Langkah pertama yang bisa  Anda lakukan ketika hendak memberikan dongeng untuk anak yaitu dengan menentukan tokoh utama. Silahkan Anda tentukan siapa tokoh yang akan menjadi tokoh utama dalam cerita yang anda bangun.

Silahkan Anda bayangkan dalam imajinasi mengenai bentuk fisik, sifat hingga pakaian. Tak ketinggalan juga, bayangkan suara dari tokoh tersebut. Untuk memudahkan anda. SebaiknyaAanda berikan penamaan tokoh yang mudah diingat.
Nama yang dipakai untuk dongeng anak, biasanya merupakan cerminan dari sifat pemilik tokoh tersebut.

Anda bisa memilih nama yang mudah, misalnya ratu wortel dan pangeran brokoli. Sehingga anak anda akan mudah mengingatnya.

  1. Bangun konflik dengan baik

Tips kedua ketika memberi dongeng untuk anak, jangan lupa untuk menciptakan sebuah konflik. Misalnya, Sunny yang mampu membuat keadaan sekitar menjadi beku.

 Atau Anda juga bisa membangun konflik dengan menceritakan jika tokoh anda merupakan seorang pejuang yang sedang bersusah payah untuk mendapatkan sesuatu.

Konflik akan membuat cerita yang kamu bangun semakin seru, yuk mulailah untuk membangun konflik dengan sangat baik.

  1. Tentukan alur serta setting dengan jelas

Selanjutnya, jangan lupa untuk menciptakan alur serta setting dalam cerita tersebut. Silahkan Anda tentukan tokoh cerita ketika mendapatkan konflik. Bagaimana tokoh tersebut mencari jalan keluar.

Bagaimana tokoh mendapatkan halangan hingga akhirnya berhasil melewatinya.
tidak lupa juga untuk menyebutkan tempat kejadiannya dimana. Di dalam sebuah dongeng, terdapat kejadian yang tidak mungkin terjadi di alam nyata. Anda bisa menciptakan dunia dongeng anda sendiri. Misalnya Anda suka bunga, maka membuat dongeng negeri bunga bisa menjadi pilihan yang menarik.

  1. Silahkan tulis ceritamu

Jika Anda sudah menentukan tokoh, menentukan alur, menciptakan konflik. Silahkan Anda ceritakan dalam sebuah kalimat. Jika Anda memiliki kemampuan menggambar, maka bisa juga dengan menggunakan gambar.

Jangan lupa untuk membangun dialog di dalam sebuah cerita. Silahkan anda pilih sudut pandang yang paling pas dalam ceritamu. Misalnya Anda bisa bercerita  menjadi tokoh utama atau sebagai salah stau orang yang sangat paham mengenai seluruh runtutan dalam peristiwa tersebut.

  1. Perbanyak baca

Ketika Anda membaca, tanpa anda sadari Anda akan mendapatkan cara dalam merangkai kata. Banyak membaca, akan semakin menambah kosakata anda. Anda akan lebih mudah dalam merangkai kata untuk mendongeng. Silahkan anda baca dongeng yang sudah ada.

  1. Perbanyak latihan

Membuat cerita dongeng merupakan sebuah ketrampilan. Sama dengan jenis ketrampilan lainnya, dimana untuk menjadi ahli dibutuhkan latihan terus menerus. Anda dapat berlatih dengan menulis kemudian dengan memerankan bersama teman-teman anda. Anda kemudian berperan untuk menjadi narrator serta menjadi tokoh tertentu.

  1. Jaga ide yang anda miliki

Apakah Anda kerap mendapatkan ide untuk mendongeng? Jika iya maka Anda harus selalu menjaga ide supaya tetap utuh. Cara paling mudah dilakukan yaitu dengan menuliskannya. Anda bisa membawa alat tulis kemanapun anda pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *