TIPS MENJAGA KESEHATAN ANAK

Kesehatan pada anak merupakan hal penting bagi tumbuh kembangnya. Apabila kesehatan terganggu  maka berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada beragam cara untuk menjaga kesehatan anak, bisa dengan meningkatkan nutrisi makanan atau memperbaiki gaya hidup anak. Anda bisa melakukan tips menjaga kesehatan bagi anak sebagai berikut.

  1. Menjaga Kesehatan Anak dengan Menjaga Kebersihan

Kebersihan anak berpengaruh pada tingkat kesehatannya. Semua aspek kebersihan perlu diperhatikan mulai dari kebersihan lingkungan, makanan, tempat tidur, dan pakaian anak. Anda sebaiknya memulai kebiasaan baik bagi anak sejak dini, seperti mencuci tangan sebelum makan dan membersihkan kuku dan gigi secara berkala.

  1. Memenuhi Asupan Nutrisi

Makanan yang masuk dalam tubuh anak adalah faktor utama menjaga kesehatannya. Asupan nutrisi yang tepat membantu kekebalan sistem imun sebagai daya tahan tubuh si buah hati. Anda bisa memulainya dengan menyediakan makanan bergizi empat sehat lima sempurna sebagai pola makan seimbang anak pada jadwal makanannya.

Jika anda memakai metode memasak untuk makanan si kecil, sebaiknya kurangi pemakaian minyak berlebih. Ganti dengan menerapkan metode lain seperti mengukus, memanggang, dan menumis. Selain itu sebaiknya anda mengurangi konsumsi gula dan garam yang terlalu banyak dan mengganti menu camilan yang kurang sehat dengan camilan yang kaya vitamin.

Anda juga bisa memberikan makanan ringan padat nutrisi yang bisa menjadi camilan saat selingan di antara waktu makan si kecil. Tetapi hindari memberikan makanan tersebut dengan jumlah terlalu banyak dan terlalu dekat dengan jadwal makan anak. Karena bisa mengakibatkan selera makan anak hilang.

  1. Istirahat Cukup

Waktu istirahat bagi anak memiliki peran penting dalam masa pertumbuhannya. Dalam fase anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu untuk beristirahat. Sebaiknya anak juga dibebaskan dari aktivitas yang memberatkannya. Seperti contoh pikiran stres bagi anak yang menyebabkan perkembangan psikis anak yang buruk.

Istirahat yang cukup akan menimbulkan kebugaran bagi anak anda dan selalu fresh dalam melakukan aktivitasnya. Imbangi juga dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk psikis dan fisik buah hati. Agar anak anda tidak bosan dengan jadwal yang anda buat untuknya.

  1. Ajarkan Aktif Bergerak

Anak yang aktif bergerak membuat tulang dan persendian menjadi lebih sehat. Aktif bergerak bisa juga saat bermain dan berolahraga secukupnya setiap hari. Namun batasi agar anak tidak sampai merasa lelah. Anda bisa mengatur dengan memberi jeda 10-15 menit setelah bermain atau berolahraga untuk kemudian memberikan makan untuk anak.

Hindari apabila anak anda menonton TV atau bermain gadget secara berlebihan. Hal tersebut akan menyebabkan anak malas bergerak dan menurunkan selera makannya. Selain nafsu makan turun, akan timbul juga risiko terkena berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Alihkan kebiasaan anak yang kurang bergerak menjadi lebih aktif dalam bermain dan berolahraga.

anak sehat aktif bergerak

  1. Membuat Si Kecil Senang

Mood yang bagus dari anak akan meningkatkan selera makannya. Dengan tetap membuat anak ceria dan senang akan membuatnya menuruti keinginan anda. Cara membuat si kecil senang bisa dengan mengajaknya berjalan-jalan atau membelikan hadiah untuknya. Atau secara sederhana dengan menceritakan dongeng atau cerita kesukaannya.

  1. Lakukan Imunisasi

Pemberian vaksin saat imunisasi adalah langkah awal pencegahan anak dari beragam penyakit berbahaya. Imunisasi akan melatih daya tahan tubuh anak terhadap penyakit yang masuk pada tubuh dan dengan segera memproduksi antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Imunisasi menjadi penting untuk meningkatkan kesehatan pada anak.

Ada lima jenis imunisasi wajib yang diberikan gratis di Posyandu pada semua wilayah Indonesia. Sejak bayi lahir diharuskan untuk mendapat imunisasi hepatitis B, BCG, polio, campak dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). Ada juga beragam imunisasi lain selain lima vaksin diatas, yaitu :

  • Vaksin flu
  • Vaksin HPV
  • Vaksin varisela
  • Vaksin Pneumokokus (PCV)

Menjaga kesehatan anak bisa diterapkan melalui kebiasaan-kebiasaan baik dari orangtua. Tidak lupa juga dengan memperhatikan asupan nutrisi dalam perut si kecil. Tips kesehatan di atas sangat mudah diterapkan bagi orangtua yang menginginkan tumbuh kembang anaknya lebih optimal. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *