CARA JITU MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Anak susah makan mengharuskan orang tua secepatnya mencari solusi masalah tersebut. Meski terlihat sepele dan mudah diatasi, sebenarnya sulit makan adalah masalah yang memiliki solusi gampang-gampang susah. Anak-anak terkadang belum mengetahui alasannya menolak makan dan menghindarinya. Namun anda tak usah khawatir, ada cara jitu mengatasi anak susah makan.

Cara mengatasi anak susah makan lebih difokuskan pada pendekatan mood anak. Orang tua sebisa mungkin melibatkan anak dalam setiap makanan yang akan diberikan padanya. Menurut Dr. Prapti Utami Msi, seorang pemerhati herbal menyarankan agar orangtua mengamati alasan buah hati anda susah makan. Oleh karena itu, berikut cara jitu mengatasi anak susah makan :

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  • Berhenti Memaksa Anak

Jangan menjadi orang tua yang terlalu mengekang anak. Wajar memang jika anda khawatir anak anda susah makan sehingga kekurangan nutrisi dan vitamin . Tetapi dengan selalu memaksa anak untuk makan akan berdampak negatif pada tingkah lakunya. Memaksa anak bukan menghasilkan semangat pada anak, malah sebaliknya. Anak jengkel selalu dipaksa.

Anak yang jengkel dengan orangtua yang selalu memaksanya, mengakibatkan anak menghindar dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, anda lebih baik membujuk si kecil dengan halus. Seperti diketahui, anak-anak tidak menyukai paksaan dalam melakukan setiap tindakan yang diinginkannya.

  • Membuat Menu Makanan yang Bervariasi dan Menarik

Menu makanan menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Anak susah makan bisa diakibatkan menu anda membosankan dan kurang menarik. Orang tua sebaiknya membuat menu makanan beragam dengan nutrisi lengkap dan tampilan yang bagus. Tujuannya agar nafsu makan anak meningkat dan daya tahan tubuh lebih kebal.

Makanan dengan variasi bermacam-macam juga berguna untuk menambah nutrisi-nutrisi bagi anak. Kemudian untuk meningkatkan rasa penasaran dan ketertarikan anak bisa menggunakan hiasan makanan yang disukai. Seperti diberi tambahan hiasan diatas makanan dan membentuk makanan sesuai keinginan anak anda.

  • Mengatur Jadwal Makan Rutin Setiap Hari

Jadwal makan anak tergantung pada orang tua yang menyiapkan makanannya. Memiliki jadwal makan rutin setiap hari berguna mengurangi risiko anak susah makan di kemudian hari. Dengan rutin mengatur jadwal makan, membuat anak akan terbiasa makan pada waktu yang sama. Selain itu, pola makan yang teratur juga bermanfaat saat anak tumbuh dewasa.

  • Memberi Anak Camilan Sehat dan Lezat

Anda was-was saat tahu porsi makan anak anda berkurang ? bisa jadi anak anda sedang ada di fase susah makan. Fase ini wajar terjadi di semua anak namun harus tetap diwaspadai. Ada beragam dampak negatif jika anda mengabaikan masalah anak susah makan tersebut.

Mengatasi porsi makan sedikit untuk anak anda yaitu dengan menyediakan camilan di meja makan. Camilan sehat dan lezat bisa membantu meningkatkan kandungan nutrisi dalam tubuh si kecil. Agar tahu camilan tersebut sehat dan lezat, anda sebaiknya membuat sendiri di rumah. Dengan demikian bahan dan kebersihan kandungan camilan bisa anda ketahui.

  • Makan Porsi Sedikit namun Lebih Sering

Si kecil mulai terlihat susah makan ? mungkin sudah saatnya anda mengurangi porsi makanannya. Anak bisa saja bosan terhadap menu dan porsi makanan yang disajikan di depannya. Sebelum rasa bosan pada anak meningkat, lebih baik segera mengurangi porsi makanan untuk sang buah hati.

Dengan jatah makan yang sedikit, cara untuk mengimbanginya adalah dengan menambah jadwal makan. Jadwal makan dibuat lebih sering dari biasanya agar nutrisi dalam tubuh anak-anak tetap terjaga dan terus meningkat meski dengan porsi yang sedikit berkurang dari biasanya.

  • Mengajak Anak Menyiapkan Menu Makanan

Anak-anak cenderung tidak bisa diam saat menemukan hal baru. Dia akan bertanya dan semakin penasaran mencoba atau menirunya. Memanfaatkan sifat alami pada anak tersebut, orangtua bisa mengajak anak menyiapkan menu makanannya sendiri. Saat anak melihat sesuatu yang membuatnya penasaran saat menyiapkan makanannya, dia akan tertarik.

Anak-anak yang tertarik saat menyiapkan menu makanannya sendiri akan menimbulkan selera makan yang baik. Atau jika ingin lebih simpel, anak bisa diajak saat memilih beberapa bahan makanan atau sekedar membuat hiasan. Anak akan lebih senang saat mengetahui proses pembuatan makanan yang akan disajikan untuknya.

  • Bila Tak Ada Perubahan, Segera Pergi Ke Dokter

Jika upaya meningkatkan selera makan anak di atas sudah dicoba dan belum membuahkan hasil, lebih baik segera pergi ke dokter. Berkonsultasi dengan dokter mampu membantu menemukan alasan anak susah makan secara tepat dan akurat. Dokter nanti akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah buah hati anda.

anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makan diatas bisa anda terapkan jika anda anak anda sedang mengalami masa sulit makan. Tak perlu tergopoh-gopoh saat mengalami masalah tersebut, cukup santai dan praktikkan poin-poin diatas. Semoga anda adalah orangtua terbaik bagi anak anda dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *