Cara Mendidik Anak Pintar dan Cerdas

Semua orang tua tentu menginginkan anak pintar serta cerdas. Akan tetapi masih banyak di antara orang tua yang belum mengetahui secara tepat, bagaimana cara mendidik anak supaya pintar dan cerdas. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendidik anak supaya lebih pintar dan cerdas.

Cara Mendidik Anak Pintar dan Cerdas dengan Mudah

  1. Berikan ASI

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ASI merupakan salah satu makanan dengan kandungan gizi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta kecerdasan otak anak. Silakan Anda beri ASI ekslusif kepada anak-anak sejak bayi.

  • Bacakan cerita untuk anak Anda

Anda   bisa  menjadikan anak Anda semakin pintar dan cerdas yaitu bahasa dengan membacakan cerita. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat anak mencintai buku, serta menambah pembendaharaan dan kemampuannya dalam mengolah kosa kata.

Saat ini sudah banyak buku bacaan yang hadir dengan warna, serta gambar menarik yang pas diberikan untuk anak Anda.

  • Biasakan berbicara dengan cerdas

Ajak anak Anda berbicara sesering mungkin. Sebuah penelitian menunjukkan jika berbicara tidak selalu dengan memberikan pujian atau lelucon. Ketika Anda berbicara bayi akan mendengar dengan baik meskipun mereka tidak dapat menjawab menggunakan kata-kata.

Anak pintar Anda akan menunjukkan respon dari ekspresinya. Sebagai seorang ibu sebaiknya Anda memperhatikan dan menghargai Respon yang diberikan oleh anak-anak ini sebagai salah satu langkah belajar komunikasi yang baik.

  • Ikut bermain dengan anak

Anda juga bisa ikut terlibat ketika buah hati Anda bermain serta mengajarkan cara bermain yang tepat, sehingga bisa mempercepat proses belajar pada anak Anda. Dengan  bermain maka potensi sosialnya juga akan semakin berkembang. Selain itu Anda juga bisa mengenali kemampuannya.

  • Ajak anak belajar musik

Hasil penelitian dari Toronto University mengatakan jika anak yang senang belajar musik maka akan mudah meningkatkan pembelajaran otak kanannya. Bukan hanya itu saja hasil penelitian juga mengatakan jika belajar musik bisa meningkatkan IQ anak serta prestasinya di sekolah.

Dengan belajar musik maka kemampuan membaca anak juga semakin meningkat serta anak menjadi mudah menangkap arah pembicaraan yang sedang orang lain bicarakan. Beri pelatihan musik juga bisa mendorong perkembangan saraf-saraf yang akan berdampak di dalam pola tertentu di otak anak.

  • Hindari anak Anda mengkonsumsi junk food

Makanan cepat saji yang tinggi kadar gula dan lemak ternyata tidak baik bagi kecerdasan anak. Silakan Anda berikan anak dengan gizi yang tinggi. Terutama ketika anak masih berusia 2 tahun sebaiknya Anda berikan konsumsi sejumlah zat besi yang bisa membantu pertumbuhan otaknya. Berikan asupan makanan bergizi serta tidak lupakan sayuran dan buah-buahan.

  • Selalu berikan anak sarapan pagi

Perlu Anda ketahui jika sarapan pagi ternyata memiliki manfaat yang sangat penting bagi kecerdasan anak. Langkah menjadikan anak pintar bisa dengan tidak melewatkan sarapan pagi.

Sebuah penelitian membuktikan, jika seorang anak yang memiliki kebiasaan sarapan di pagi hari, ternyata memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak pernah sarapan pagi. Bukan hanya itu saja, dengan sarapan pagi anak juga akan bisa berkonsentrasi, sehingga membuat anak lebih mudah belajar dengan cepat.

  • Batasi kebiasaan menonton TV

Membiarkan anak Anda terlalu lama menonton televisi adalah salah satu cara yang salah dalam mendidik anak. Karena televisi bisa membuat anak menjadi malas, bukan hanya itu saja, pengaruh televisi yang negatif juga akan lebih mudah meresap pada anak. Silakan Anda jadwal menonton TV untuk anak Anda kurang lebih 2 jam saja setiap harinya.

  • Berikan jam tidur yang konsisten

Perlu Anda ketahui jika tidur ternyata memberikan fungsi kognitif pada anak. Anak yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan kehilangan kemampuan otaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *