Vitamin Tulang Untuk Anak 1 Tahun

Tumbuh kembang anak sangatlah penting bagi setiap orang tua. Apalagi kalau anak anda masih pada usia balita atau sekitar 1 tahun. Pemberian vitamin tulang untuk anak 1 tahun inilah yang paling krusial yang mana bunda harus sangat memperhatikan setiap asupan yang didapat si buah hati. Kalsium merupakan salah satu gizi yang terpenting yang bunda harus perhatikan.

Dari sekian banyaknya vitamin tulang untuk anak 1 tahun yang pasti sangat dibutuhkan oleh si kecil melalui ASI ada diantaranya yang berperan sangat penting dan menjadi perhatian utama bagi setiap orang tua yaitu kalsium dan vitamin D.

rontgen tulang anak

1. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks punya setumpuk manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Mengapa dinamakan vitamin B kompleks? Karena vitamin B kini berkembang yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Lalu apa sajakah manfaat vitamin B kompleks?

Vitamin B kompleks dapat menunjang kemampuan berpikir anak, membantu merangsang pertumbuhan, dan mampu memberikan tenaga atau energi bagi tubuh. Tak hanya itu vitamin B kompleks juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

2. Vitamin E

Vitamin yang tak kalah penting lainnya adalah vitamin E. Vitamin ini dapat menunjang pertumbuhan sel dan perkembangan jaringan saraf serta otak. Jadi vitamin E dapat merangsang pertumbuhan dan kecerdasan sel otak anak.

3. Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga tak kalah penting dalam proses tumbuh kembang si kecil. Vitamin D berperan cukup besar dalam penguatan dan pertumbuhan tulang buah hati anda. Dengan penyerapan optimal maka kalsium yang dimanfaatkan oleh tubuh pun juga akan maksimal. Jika tanpa penyerapan yang bagus maka tubuh hanya akan mampu menyerap 10-15% kalsium saja.

Disinilah peran vitamin D yang perlu bunda perhatikan juga. Vitamin D bisa didapatkan tak hanya dari susu atau ASI yang tentunya sangat kaya akan gizi. Namun mendapatkan sinar matahari di pagi hari ternyata juga sangatlah penting bagi pemenuhan vitamin D bagi si buah hati. Tak ada salahnya bila bunda sering mengajak si kecil keluar ruangan, bermain sambil menikmati hangatnya udara pagi hari yang juga menyehatkan.

Tak jarang orang tua yang sibuk hingga lupa untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Padahal, perhatian saja tak cukup bagi tumbuh kembang si kecil. Mereka juga butuh pengoptimalan yang mana vitamin D juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan gigi, tulang, serta kepadatan tulang itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa hal tersebut sangatlah penting bagi kelangsungan hidup buah hati kita.

4. Vitamin K

 

Pemberian vitamin K juga sangatlah penting bagi anak anda. Bahkan peraturan kementrian kesehatan telah merekomendasikan untuk memberikan suntikan vitamin K bagi anak yang baru lahir. Bahkan tanpa efek samping bagi si bayi. hal ini dikarenakan bahkan ASI sekalipun belum bisa untuk memenuhi vitamin K yang dibutuhkan oleh bayi.

Manfaat pemberian dari vitamin K bagi anak usia dini ini sendiri adalah untuk menunjang segala pertumbuhannya karena manfaat dari vitamin K yang begitu banyak seperti untuk menguatkan tulang, meningkatkan kepadatan tulang. Bahkan dapat membantu pertumbuhan kecerdasan anak hingga mencegah pikun diusia lanjut. Tak hanya itu fungsi vitamin K hingga menyehatkan jantung anak, yang mana dapat menguatkan fungsi jantung bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *